Selasa, 21 Mei 2013

Respon Quest - Al-Qur'an Salah Mengenai Keimanan Nasrani (kristen)

APAKAH AL-QURAN SALAH?

Sering kali kristen menuduh Al-Qur'an buta sejarah. karena menyebut bahwa Nashara / Kristen disebutkan menyembah tiga tuhan. padahal Kristen selama ini tidak ada satupun yang menyembah tiga Tuhan, tapi menyembah Esa. hanya saja trinitas.

Ayat-ayat yang dimaksud antara
lain:

QS. An-Nisa: 171
“Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali.yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara.”

QS. Al-Maidah: 73
“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.”

Selain itu Kristen juga menuduh Al-Qur'an keliru sebab tidak ada satupun dari Kristen yang menyatakan Bunda Maria adalah Tuhan, sementara Al-Qur'an menyebut Bunda Maria / Maryam adalah Tuhan.

QS. Al-Maidah: 116.
“Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?." Isa menjawab: "Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib."

TANGGAPAN :

Untuk ayat Al-Qur'an yang QS. Al-Maidah: 73, QS. An-Nisa: 171. Kristen selalu menyebut Al-Qur'an keliru, namun sesungguhnya merekalah yang keliru. karena ayat ini membantah Trinitas itu sendiri.

Perhatikan baik-baik ayatnya:

QS. An-Nisa: 171. ”Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah.dan (yang diciptakan dengan)kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya.dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara.“

QS. Al-Maidah: 73
“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.”

Perhatikan baik-baik ayat di atas, ayat ini jelas sekali mengkritik kosep Trinitas. memang selama ini dalam konsep Kristen selalu menyebut bahwa Trinitas adalah meng-Esa-kan Tuhan, hanya saja Tuhan itu memilki tiga pribadi namun satu. namun pada prakteknya, keberadaan Yesus, Allah dan Roh kudus ternyata dibedakan, berbeda fungsi dan lain sebagainya, kita kenal pula konsep Bapa, Anak, Roh Kudus.

contoh saja,

Dalam hal berdoa, Kristen meminta kepada Bapa atau Roh Kudus atau Yesus?

Ketika Seorang kristen meninggal dunia, nama yang disebut siapa. telah kembali kerumah....??

Nama Bapa, Yesus atau Roh Kudus?

Selanjutnya dalam hal konsep, apakah benar Trintas tersebut sunguh-sungguh di dukung sepenuhnya dalam Alkitab?

Pembaca dapat membaca secara lengkap di sini. mengenai Ayat-ayat Alkitab yang terang-terangan menolak Trinitas.sehingga sederhananya sesungguhnya keberadaan Trintas itu sendiri hanyalah sekedar konsep, namun prakteknya Keberadaan Trinitas itu sendiri membedakan tiga pribadi tersebut — sehingga apakah salah Al-Qur'an menyebut Allah itu salah satu dari yang Tiga?

Selanjutnya mengenai tuduhan bahwa Al-Qur'an keliru menyebut bahwa Maria / Maryam, padahal Kristen tidak menyatakan bahwa Maria adalah Tuhan. tuduhan ini adalah tuduhan yang sama sekali tidak berdasar apa-apa. artinya Kristen tidak melihat sejarah Kristen secara lengkap atau menyeluruh.

Padahal Sekte Kristen itu cukup banyak ada yang bertahan hingga sekarang, ada yang sudah lenyap artinya tinggal.sejarah dan lain sebagainya. di antara sekte-sekte kristen sendiri ada yang menyatakan
Bunda Maria adalah Tuhan, yakni Mariamites. pembaca bisa membaca secara lengkap dari sumber yang fair tidak memihak, yakni Wikipedia.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Mariamites

Di jelaskan bahwa salah satu sekte Kristen yang mempertuhankan Bunda Maria adalah Mariamites, yang sekarang mungkin tidak ada lagi alias tinggal sejarah. mereka mempertuhankan Bunda Maria di samping mempertuhankan Yesus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar