Jumat, 31 Mei 2013

MENGAPA NONMUSLIM DISEBUT KAFIR?



Kafir berasal dari kata KUFR, yang berarti menyembunyikan atau ingkar. Dalam terminologi Islam, kafir berarti orang yang mengingkari kebenaran Islam dan orang yang menolak Islam.
jika seorang nonmuslim merasa terhina bila disebut kafir, itu karena ia belum paham dengan Islam. jika dia sudah memahami Islam dan terminologi Islam pastilah ia akan menghargai Islam dalam perspektif yang lebih tepat.


Di dalam Al-Qur'an , kitab suci agama Islam, kata kafir dan variasinya digunakan dalam beberapa penggunaan yang berbeda:

› Kufur at-tauhid (Menolak tauhid ): Dialamatkan kepada mereka yang menolak bahwa Tuhan itu satu.

"Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman". ( Al-Baqarah ayat 6)

› Kufur al-ni`mah (mengingkari nikmat): Dialamatkan kepada mereka yang tidak mau bersyukur kepada Tuhan Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (la
takfurun). ( Al-Baqarah ayat 152)

› Kufur at-tabarri (melepaskan diri) Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia;
ketika mereka berkata kepada kaum mereka:

"Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dan daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami
ingkari (kekafiran)mu (kafarna bikum)..." (Al-Mumtahanah ayat 4)

› Kufur al-juhud: Mengingkari sesuatu

..maka setelah datang kepada mereka apa yang telah mereka ketahui, mereka lalu ingkar (kafaru) kepadanya. (Al-Baqarah ayat 89)

› Kufur at-taghtiyah: (menanam/mengubur sesuatu)

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara
kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani (kuffar). ( Al-Hadid 20)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar