Selasa, 04 Juni 2013

Respon Quest - Al-Qur’an Tidak Sistematis (Dr. Shalah Shawi menjawab)

Salah satu pertanyaan yang dihadapi umat Islam adalah seperti pertanyaan diatas,

Keluhan yang di utarakan

—Mengapa kami merasa kesulitan dalam memahami Al-Qur’an karena surat, kisah, dan sistematikanya tidak tersusun dengan baik? —

Jika ada pertanyaan seperti ini, Dr. Shalah Shawi dalam bukunya yang berjudul ANSWERS TO NON MUSLIMS QUESTION ABOUT ISLAM (mereka bertanya Islam menjawab) telah memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Berikut Jawabannya :

Allah telah memberi kemudahan daam mempelajari Al-Qur'an. Allah juga memudahkan orang yang inhin menghafalnya. Hubungan antara surat-surat dalam Al-Qur’an memiliki rahasia dan hikmah tersendiri.

Dalam hal ini, Burhanudin Al-Biqa’i memiliki karya yang sangat monumental, yaitu sebuah buku yang berjudul, "NAZHMU AD-DURAR FI TARTIBI AL-AYATI WAS-SUWARI." Dalam buku ini, Al-Biqa’i mnjelasan rahasia dan hikmah dibalik susunan dan aturan sutat-surat yang ada didam Al-Qur’an.

Tetapi, pembahasan ini memerlukan pemahaman terhadap ilmu dan pengetahuan yang memadai tentang bahasa arab. Menurut hemat saya, orang-orang yang tidak berbicara dengan bahasa arab membutuhkan sedikit waktu untuk menguasai dan memahami makna-makna yang terkandung daam Al-Qur’an.
____________________________
____________________________

Kesimpulannya : Al-Qur’an bukanlah sulit untuk dipahami karena tidak sistematis, namun Al-Qur’an memng meimiliki kandungan makna lebih dalam dari yang kita duga, disitulah letak keindahan dalam bahasa Qur'an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar