Sabtu, 22 Juni 2013

Respon Quest - Dua Barat dan Dua Timur



Ar-Rahman [55]: 17
"Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya."

sebagaimana kita ketahui bahwasanya tempat terbitnya matahari adalah di sebelah Timur, dan terbenam matahari adalah di sebelah barat. Ayat ini sering dijadikan bahan pertanyaan nonmuslim, yakni

"kedua tempat terbit dan kedua tempat terbenamnya matahari, berarti timurnya dua baratnya dua donk! truz timur dan barat yang satunya kemana!? oot ya!

pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang saya alami sendiri. Sebenarnya dia yang berkata seperti atas tidak mengetahui makna yang terkandung didalam ayat tersebut.

Maksud dari dua timur dan dua barat menurut ahli tafsir adalah tempat terbitnya dan terbenamnya matahari pada dua musim, yaitu musim panas dan musim dingin.

Ayat ini sebenarnya juga menjelaskan bahwa "bumi itu bulat" bagaimana bisa ayat ini di korelasikan dgn fakta bahwa "bumi itu bulat"?

Allah SWT. memberikan pengetahuan di dalam ayat ini mengenai penjelasan bahwa bumi itu adalah bulat. dimana arah Timur (tempat terbit matahari) & Barat (tempat terbenamnya matahari) adalah arah yang sangat relatif.

Fakta bumi ini bulat, ditemukan oleh Christoper Columbus pada abad ke-15 (9 abad setelah Alquran diturunkan) dimana Columbus melakukan ekspedisi kearah barat untuk mencapai tempat yg dikatakan di dalam peta itu posisinya adalah arah timur. Dan diakhir ekspedisinya saat ia menemukan tempat yg di maksud akhirnya disimpulkan bahwa TIDAK ADA POSISI PALING TIMUR ATAU PALING BARAT DALAM BUMI INI.

Lalu apa korelasi antara "bumi itu bulat" dgn "dua timur dan dua barat"?

jawabannya ialah, hanya jika bumi itu bulat maka paling tidak timur akan menjadi dua dan barat akan menjadi dua dalam posisi yang relatif!

Posisi matahari pun relatif terhadap bumi, dari dua tempat yg tepat berseberangan maka matahari dilihat pada posisi barat sekaligus timur.

Seperti gambar di atas!!

Dengan begitu dapat kita simpulkan.
1. Jika matahari terbit disuatu tempat berarti disaat yang sama maka matahari terbenam ditempat yg lainya. Begitupun seabliknya.
2. Tidur disuatu tempat berasti barat ditempat lainnya. Begitupun sebaliknya.

Maka, terdapatlah dua timur (tempat terbit matahari) dan dua barat (tempat terbenam matahari) karena bumi itu bulat.

4 komentar:

  1. Bagaimana bisa anda memaksakan diri mempercayai hal seperti.. SUNGGUH TERLALU...

    BalasHapus
  2. Kesimpulan yang tidak ilmiyah alias kira-kira saja".

    BalasHapus
  3. Bukankah dalam AQ banyak diulang bumi sebagai hamparan?

    BalasHapus
  4. yang masih ragu tentang bentuk bumi silahkan baca ini: bentuk bumi bulat menurut al quran

    semoga membantu

    BalasHapus